Kuliner Balikpapan? Coba RM Torani!!

Diposkan oleh di Monday, March 31, 2014 at 9:09 PM
Bandeng Tanpa Duri - kuliner balikpapan
Bandeng Tanpa Duri
Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar tentang kota Balikpapan? Pasti kota minyak dengan biaya hidup paling tinggi di Indonesia bukan? Memang ketika kita mendengar orang-orang berbicara tentang kota Balikpapan, maka pasti yang pertama terlintas dalam bayangan kita adalah minyak bumi, batubara, dan seputar dunia pertambangan. Memang benar dan tidak bisa dibantah lagi bahwa di daerah-daerah lain di Indonesia ini mengenal kota Balikpapan sebagai kota minyak. Hal ini membuat banyak orang terutama para pencari kerja di bidang pertambangan selalu bersemangat untuk bisa mengikuti seleksi agar bisa lolos dan bekerja di kota Balikpapan.
Salah satu sudut Kota Balikpapan dari udara
Salah satu sudut Kota Balikpapan dari udara

Tapi tahukah anda semua bahwa selain anugerah kekayaan alam yang dimilikinya, Balikpapan juga menyimpan kekayaan lain yang dijamin pasti membuat anda ingin kesana ataupun yang sudah pernah bekerja atau berdomisili di kota ini, selalu ingin kembali lagi. Ya ini tidak lain karena Kuliner Balikpapan memang sungguh menggoda lidah dan perut kita :-D

Bicara mengenai kuliner di kota Balikpapan ini, ada banyak sekali makanan khas dan tentu saja dengan citarasa yang khas pula. Karena dari segi geografis kota Balikpapan ini terletak di tepi laut, maka tidak heran berbagai jenis menu makanan yang tersedia di rumah-rumah makan disana adalah yang bersumber dari hasil laut. Ikan, udang, kepiting, cumi-cumi dan berbagai protein hewani lainnya hampir semuanya berasal dari laut. Salah satu jenis yang menjadi andalan di kota Balikpapan adalah bandeng tanpa duri yaitu ikan bandeng bakar yang diolah dengan menghilangkan durinya.

Nah jika anda ke Balikpapan dan ingin mencicipi kuliner disana dan masih bingung dimana bisa menemukan menu yang lengkap dan tentu saja dengan paket harga yang kompetitif, maka tidak perlu bingung karena ada salah satu rumah makan yang menawarkan kepada anda banyak pilihan menu yang sesuai dengan selera yaitu Rumah Makan Torani. Sebuah rumah makan yang menyajikan menu-menu khas dari kota yang yang jumlah penduduknya ini mencapai 22% dari total jumlah penduduk Kalimantan Timur.

Menikmati Kuliner Balikpapan di Rumah Makan Torani.

Rumah Makan Torani punya banyak menu kuliner Balikpapan
Pusat Seafood Balikpapan: R.M. Torani
 Sekitar bulan Maret 2006 yang lalu seseorang yang yang biasa dikenal dengan Pak Jaka mulai berjualan ikan bandeng tanpa duri beku yang didistribusikan ke rumah-rumah makan yang ada di kota Balikpapan. Namun usaha yang dirintisnya tidak mendatangkan hasil karena pemahaman masyarakat pada waktu itu masih minim tentang ikan bandeng tanpa duri yang diolah langsung dari bandeng segar. Yang ada di pikiran orang-orang adalah "presto" dan belum mengetahui bahwa ada teknik menghilangkan duri ikan bandeng tanpa harus menggunakan presto seperti yang telah dilakukan oleh Pak Jaka ini. Dengan teknik yang dilakukannya ini mnemungkinkan ikan bandeng yang masih segar bisa langsung dibakar dan disantap namun memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dari bandeng presto. Namun beliau tak menyerah begitu saja, melalui berbagi festival dan event yang diikutinya akhirnya bandeng tanpa duri yang diolah dari bandeng segar ini mulai dikenal oleh masyarakat luas.

Menu yang tersedia di Rumah Makan Torani

Kuliner Balikpapan di Rumah Makan Torani
Rumah Makan Torani
Ikan Bandeng Tanpa Duri adalah menu andalan dari Rumah Makan Torani ini. Namun selain bandeng tanpa duri yang telah membuat nama Toranifood (induk dari RM Torani, Torani Krispi dan Torani Oleh-oleh) menjadi populer, Rumah Makan Torani menyediakan berbagai pilihan menu lainnya yang tidak kalah menggoda apalagi jika anda adalah seorang yang menyukai wisata kuliner yang tentu saja tidak ingin hanya mencoba satu atau dua menu saja. Ada banyak menu yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke Rumah Makan Torani ini. Berikut ini menu-menu yang tersedia di R.M Torani:

Menu andalan:
Bandeng Tanpa Duri kuliner di kota Balikpapan
Bandeng Tanpa Duri

Kepiting Saus juga kuliner andalan di kota Balikpapan
Kepiting Saus
Steamboat
Steamboat
Pepes Kepiting
Pepes Kepiting
Kepiting Soka
Kepiting Soka
.
Nah ingin menikmati menu-menu yang menggoda selera seperti gambar-gambar di atas? Anda bisa menikmati semuanya dengan menyambangi Rumah Makan Torani yang beralamat di:
Jl. Jendral Sudirman No. 73 Stall Kuda Balikpapan
Telp : 0542 - 761 250

Sekian sedikit ulasan ini dari saya, semoga menjadi referensi tambahan bagi anda yang berencana untuk mengunjungi Balikpapan dan selamat menikmati kuliner Balikpapan sajian khas dari Rumah Makan Torani.

PS: Mohon maaf komentar saya tutup sementara karena ada bug.

Search Form

Powered by Blogger